Sulitnya Menjadi Member MHI Tennis

Jun 14th, 2016 | By | Category: News

Artikel By Sam

Pernyataan mengenai sulitnya menjadi member MHI tennis belakangan ini seakan di-amini banyak pihak utamanya rekan-rekan yang berminat untuk join di komunitas ini.  Beberapa member berkisah sudah 2-3 quarter  berburu tempat saat pendaftaran di buka hingga mendapatkannya.  Bahkan ada yang menunggu hingga lebih dari dua tahun.  Itupun belum bisa masuk.  Sesulit itukah atau dipersulitkah oleh MHI Tennis?.  Pengurus MHI tennis mengakui sulitnya mendapat kesempatan  untuk bergabung adalah satu kebenaran.  Namun Bukan karena alasan dipersulit ataupun ketatnya saringan mengingat komunitas ini cukup terbuka untuk semua orang.  Lalu apa yang terjadi? Apakah ada trik menembusnya?  Artikel ini akan memberikan paparan serta trik menembusnya!

IMG_5551

BERAWAL 2 TAHUN LALU

Sebagai komunitas tennis pengurus MHI tennis berusaha memperbaiki dan menerapkan system untuk memperlancar jalannya operasional kegiatan komunitas.  Terlebih hingga tahun ini sudah 11 tahun MHI Tennis berdiri.  Yang paling krusial untuk ditangani adalah masalah publikasi, latihan, database keanggotaan dan pendaftaran.  Dua tahun belakangan publikasi MHI Tennis yang menggunakan web utama www.mhitennis.com mulai menampakkan hasil.  Awareness MHI tennis sebagai salah satu tempat bermain tennis di Jakarta menjadi pencaharian popular di google.  Akibatnya member MHI yang biasanya berkisar antara 15 hingga 20 orang dan bermain 6-7 jam melonjak drastis hingga pernah mencapai 35 orang dengan waktu bermain 12 jam 2 tahun lampau.  Akibatnya cukup fatal, penambahan lapangan tidak bisa dilakukan karena keterbatasan tempat.  Waktu menunggu bermain yang lama bagi member dan tingginya cost operasional ternyata menjadi efek yang mengejutkan buat pengurus.  Hingga mau tak mau harus ada solusi untuk memperbaiki kondisi urgent ini.  Paling utama membutuhkan perhatian yaitu perbaikan system pendaftaran yang selama ini masih rancu, tumpang tidih dan butuh waktu lama mengerjakannya dan menetapkan kuota member berdasarkan jumlah member dibanding jumlah jam lapangan yang dipakai agar mendapatkan kalkulasi rasio yang ekonomis.

PENDAFTARAN ONLINE

Solusi pertama yang dilakukan yaitu menerapkan pendaftaran secara online untuk mengantisipasi rancunya system yang sebelumnya ada.  Pendaftaran ini di pool melalui google doc yang di informasikan melalui web MHI tennis setiap pendaftaran dibuka.  Aturan yang ditetapkan cukup simple.  Peminat bisa mendaftarakan diri melalui formulir online di web di waktu pendaftaran yang telah ditetapkan.  Pengurus cukup mengambil member yang bisa masuk sesuai jumlah tempat kosong yang ada dengan melihat urutan pendaftaran.  Ini jelas sangat fair. Pengurus menghindari kerepotan dengan menetapkan waktu tertentu untuk  pendaftaran agar pengurus bisa segera memastikan keinginan member untuk ikut join cukup up to date.  Karena bila dibuka 1 quarter penuh, selain antrian menjadi panjang ternyata tidak setiap calon member bersungguh sungguh mengikuti latihan di quarter berjalan.  Ini sangat membuang waktu saat harus menghubungi mereka untuk meminta konfirmasi.  Namun Pengurus memudahkan calon member memperoleh informasi pendafataran dengan memblast email saat pendaftaran dibuka yang di peroleh dari data base yang calon member isi sebelumnya atau dari email-email yang masuk.  Langkah ini dilakukan agar pendaftaran yang dilakukan dengan waktu yang tidak selalu tepat di akhir quarter bisa segera diketahui calon member.

KUOTA MEMBER

Terobosan terakhir  yang dilakukan adalah penerapan kuota member.  Karena MHI tennis adalah sebuah komunitas.  Segala bentuk fee akan kembali ke peserta dalam bentuk sewa lapangan, membayar pelatih, ball boy ataupun penyelenggaraan inship atau kegiatan lain.  Pengurus tidak mengambil keuntungan ataupun bagian dalam hal ini.  Sekecil apapun.  Untuk itu rule sederhana yang ditetapkan adalah mengusahakan agar tidak tekor di akhir quarter.  Belajar dari pengalaman ternyata perhitungan rasio antara pemain dan jam bermain sangat menentukan cost yang yang akan dikeluarkan. Dan dari simulasi dan pengalaman pengurus sepakat angka ekonomis untuk rasio itu adalah 30 pemain dengan 12 jam waktu bermain. Patokan inilah yang menjadi dasar mengapa kuota bermain di MHI Tennis 30 orang.  Kuota ini cukup efektif diterapkan.  Selain cost cukup ekonomis waktu menunggu antar member untuk bermainpun tidak lama.  Ini yang penting!

Bila ditanya apakah pendaftaran online serta system kuota ini efektif.  Sejauh ini pengurus bisa memastikan.  Tidak saja masalah pendaftaran kini bisa diselesaikan dalam sehari namun juga adanya system kuota mempengaruhi operasional secara positif di lapangan.  Cash flow cukup satabil dan kegiatan latihan tidak terganggu karena adanya waiting time yang terlalu lama dalam menunggu giliran bermain ataupun ditangani oleh pelatih.

BAGAIMANA DENGAN ISUE SULITNYA MENJADI MEMBER?

MHI Tennis tidak menampik efek lain dari system kuota ini serta makin luasnya publikasi yang ada menjadikan banyak rekan yang mendaftar  tidak bisa join di MHI tennis.  Satu konsekwensi yang tidak bisa dihindari dan harus pengurus MHI tennis terima dengan lapang dada.  Idealnya system kuota ini tidak akan jadi masalah bila turn over member di MHI Tennis cukup tinggi.  Ada serombongan yang keluar dan digantikan oleh serombongan yang masuk.  Namun tidak demikian kenyataannya.  Tiap akhir quarter rata -ata hanya 2-3 orang yang tidak terus dengan alasan terbesar ditempati oleh rekan beginner/baru yang ternyata tidak cocok dan tekun untuk terus belajar tennis dan selebihnya karena masalah kepindahan pekerjaan atau aktifitas kantor.  Tergambar disini 90% member memilih untuk meneruskan keanggotaan.  Dengan alasan utama mereka nyaman dengan komunitas ini yang sudah dianggap sebagai rumah kedua bagi mereka.  Nyaman dengan sosialisasi serta keakraban yang terjalin dalam komunitas.  Melihat hal ini rasanya tidak salah bagi pengurus untuk tetap mempertahankan kondisi ini.  Memilih untuk lebih memprioritaskan existing member yang telah loyal yang bagai keluarga.

RENCANA MENAMBAH LAPANGAN/KUOTA?

Belajar dari pengalaman sejauh ini MHI Tennis tidak akan menambah kuota ataupun lapangan dengan berbagai alasan.  Tidak saja masalah pokok mengenai sulitnya mendapat jam berlatih di lapangan namun kembali lagi maslah efektifitas dan factor ekonomis yang harus diperhatikan.  Seperti dijelaskan diatas Menambah lapangan dan kuota tidak menjadi solusi terbaik bagi MHI Tennis.  Bayangkan mungkin dengan menambah member dan waktu bermain mungkin secara awam itu tidak masalah karena jam bermain dan jumlah member seakan berbanding lurus.  Namun tidak demikian kenyataannya.  Hal ini justru membuat waktu menunggu menjadi makin lama karena menurut perhitungan dalam satu waktu tempat latihan hanya bisa menampung 3 lapangan sekali main atau 12 orang bermain sekali waktu.  Anggap waktu bermain rata rata 30 menit.  Bila member berjumlah 24 akan ada jeda menunggu kurang lebih 30 menit. Bila 36 orang member tentunya aka ada jeda menunggu 1 jam!  Ini waktu yang sangat lama! Angka tengah 30 diambil dengan asumsi tidak setiap sesi  ada 100% anggota yang hadir.  Tidak itu saja ternyata beberapa cost besar seperti bermain malam dengan lampu ataupun penambahan jumlah jam dengan pelatih menjadi cost besar yang ternyata tak sebanding dengan penambahan jumlah iuran dari kuota yang dinaikkan. Ini terjadi karena bisa jadi iuran bertambah karena penambahan anggota baru.  namun ingat perpanjangan lapangan juga akan menambah panjang anggota lama yang notabene iurannya tidak naik ikut panjang juga waktu bermainnya.

Akhirnya jelas penambahan kuota/lapangan hanya bisa dilaku bila dalam waktu, parallel jumlah lapanganpun bisa ditambahkan.  Atau scenario ekstrem bila ada MHI tennis Part 1 dan Part 2 yang akan running di waktu yang berbeda dengan masing masing rasionya.  Namun sekali lagi ini mustahil karena founder telah menetapkan hanya ada 1 MHI Tennis! Satu angka mati yang tidak perlu diperdebatkan!

TRIK BISA MASUK MHI TENNIS

Beberapa trik disini mungkin bisa di pakai oleh rekan rekan calon member untuk mendapatkan slot “terbatas” yang tersedia di MHI Tennis saat pendaftaran dibuka:

  1. Informasikan email anda ke MHI tennis lewat info@mhitennis.com agar bisa dimasukkan ke data base calon angota untuk quarter mendatang
  2. Pendaftaran biasanya diumumkan antara minggu ke 2-4 bulan terakhir quarter berjalan (Maret, Juni, September dan Desember) Rajin rajinlah untuk memantau website MHI tennis.  Segera mendaftar bila pendaftaran telah dibuka.
  3. Bila bergabung dengan Facebook joinlah di page “Komunitas MHI tennis” untuk mendapatkan update pendaftarannya
  4. Namun bila anda telah menginformasikan email anda pada pengurus tunggulah saat pengurus membagikan email Blast yang berisi pembukaan pendaftaran.
  5. Segeralah mendaftar saat informasi anda terima. Seringkali terjadi urutan peserta hanya terpaut dalam hitungan detik! Hingga jelas kesigapan anda mengirimkan form pendaftaran sangat krusial.
  6. Hindari untuk mendaftara di luar waktu pendaftaran. Karena ini akan sia-sia mengingat pengurus tidak akan memperhitungkan pendafataran anda ini.

 MEMBESARKAN DUNIA TENNIS

Sebagai komunitas yang terbuka untuk semua penggemar tennis untuk bermain bersama jelas bahwa paparan diatas memberikan info bahwa MHI tennis tetap teguh diperuntukkan untuk semua orang dan cukup terbuka menerima member yang cukup heterogen.  Pengurus tetap membuka tangan menerima member baru dalam syarat jumlah kuota berkurang serta terdapat slot kosong saat ada member yang retire di quarter yang akan berjalan.  Bagaimanapun MHI Tennis lebih cenderung untuk mempertahankan existing member terlebih dahulu.  Dan bagi calon member yang belum bisa join MHI Tennis berupaya menjalin pertukaran informasi dengan club-club tennis yang ada di Jakarta dan berharap bisa menginformasikan tempat berlatih lain yang bisa diikuti selain di MHI Tennis .  Bagaimanapun yang terpenting bukan bagaimana menjadikan MHI Tennis Besar namun Bagaimana Menjadikan Dunia Tennis Indonesia LEBIH BESAR!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Tags: , , ,

Leave Comment